3 Tips Untuk Kamu!

Menjawab pertanyaan yang sering muncul ketika kalian bersilaturahmi di hari lebaran.

Bagi sebagian masyarakat di Indonesia, Kumpul keluarga dan bersilaturahmi dengan sanak saudara merupakan suatu tradisi yang selalu dilakukan tiap tahunnya pada hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Tetapi ada beberapa hal yang tidak disukai sebagian orang dalam momen kumpul keluarga tersebut, pasalnya tak sedikit saudara yang mempertanyakan mengenai ranah pribadi seperti hubungan asmara sampai ke soal pekerjaan, biasanya pertanyaan-pertanyaan itu hanya basa-basi belaka, tapi bisa bikin kita insecure lhooo. Nah untuk mengatasi ke-insecureran karena pertanyaan-pertanyaan saudara saat lebaran yuk simak tips-tipsnya.

Kapan Nikah? / Kapan nih nyebar undangan? / kenalin dong sama pasangannya.

Pertanyaan seperti ini sering sekali ditanyakan pada saat kita silaturahmi di hari lebaran, biasanya pertanyaan ini menanyakan tentang status hubungan, diikuti dengan memberi rekomendasi atau nasihat dari orang-orang yang lebih tua/sesepuh.

Tips untuk mengatasi pertanyaan ini kalian bisa mulai dengan memberikan senyuman dan sedikit penjelasan, apabila kalian belum memiliki pasangan maka jawaban ingin berkarier terlebih dahulu bisa kalian gunakan, namun jika sudah memiliki pasangan kalian bisa menjawab tidak ingin terburu-buru menikah dan meminta doa yang terbaik.

Sekarang kesibukannya apanih? Udah dapat kerja belum?

Hal ini juga seringkali dipertanyakan oleh sanak saudara di hari lebaran, biasanya pertanyaan ini ditanyakan karena saudara kalian peduli dan secara tulus ingin mengetahui kemajuan dan pengembangan karier kalian, namun tak sedikit yang merasa insecure karena pertanyaan ini lho. Apalagi di masa Pandemi seperti ini sangat sulit mencari pekerjaan.

Kalian gaperlu insecure jika ditanya pertanyaan seperti ini, Agar tak terlalu serius, jawablah kamu sedang mempelajari dan memperdalam skill yang dibutuhkan, Selain itu, jangan malu dengan kondisimu saat ini karena mencari kerja memang butuh waktu dan usaha yang tidak sedikit.

Kok gendutan sih? / Kok kurusan sih?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sensitive bagi kebanyakan kaum hawa lho, karena ini merupakan pertanyaan basa-basi yang bisa membuat kita menjadi tidak pede. Padahal, bentuk tubuh seharusnya bukanlah sesuatu yang harus dikomentari.

Tips dalam menghadapi pertanyaan ini adalah kalian tidak perlu menjawab panjang lebar, jawab saja bahwa kamu bahagia dengan tubuhmu apa adanya.

By Ismi Hasanah, Research and Creative Team AkuKita Wanita.

--

--

--

Ruang Sharing dan Diskusi Menjadi Titik Temu Kita | Find out More → https://linktr.ee/akukitawanita

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
AkuKita Wanita

AkuKita Wanita

Ruang Sharing dan Diskusi Menjadi Titik Temu Kita | Find out More → https://linktr.ee/akukitawanita

More from Medium

The Powerful PMI Thinking Technique

Preparing Your Media Intelligence Team For Success in 2022

No Confidence in Your Competence?

Lift the Lid