Cara Menjaga Kesehatan Payudara

Kenali Pemicu Terjadinya Kanker Payudara

Image Credit AkuKita Wanita

Bagi wanita, payudara merupakan sebuah aset vital yang harus dijaga kesehatannya. Sayangnya, tak semua wanita sudah menyadari pentingnya menjaga kesehatan payudara. Sebagian wanita justru kerap kali abai karena ketidaktahuan mereka.

Ada beberapa penyakit yang dapat mengintai kamu jika kamu abai dengan tanda-tanda yang terjadi pada payudaramu, dua di antaranya adalah tumor jinak dan tumor ganas.

Tumor jinak yang dimaksud adalah berupa benjolan, baik itu benjolan lemak atau bahkan benjolan yang berisi cairan. Benjolan-benjolan ini beragam macamnya hingga bisa menimbulkan rasa sakit, bergantung pada penyakitnya.

Ada pun tumor ganas atau yang lebih kita kenal sebagai kanker payudara kerap mengintai jika kita abai dengan gejala yang timbul pada payudara kita sendiri. Untuk itu, daripada mengobati, lebih baik sebisa mungkin mencegah adanya penyakit dengan menyadari sedini mungkin perubahan yang terjadi pada payudaramu.

Mau tahu apa saja tips menjaga kesehatan payudara? Ikuti langkah-langkah berikut ini, yuk!

Periksa Payudara Sendiri (SADARI)

Periksa payudaramu seminggu sebelum atau sesudah menstruasi, atau akan lebih baik jika kamu memeriksanya sedini mungkin. Memeriksa payudaramu sendiri atau SADARI bisa dilakukan sambil bercermin, berbaring, atau bisa juga dilakukan di kamar mandi.

Cara memeriksanya pun tak sulit! Cukup angkat lengan, amati dengan mata apa saja yang terjadi pada payudaramu, dan memijit payudara. Memijitnya pun tak sembarangan! Pijitan bisa dilakukan oleh jari tangan kanan jika kamu sedang memeriksa payudara kirimu dengan mengangkat lenganmu hingga siku kiri berada di belakang kepala. Pijatlah payudara kiri menggunakan ujung jari kanan dengan gerakan atas-bawah, tepi ke tengah, dan melingkar.

Selain memijat, kamu juga wajib mencubit putingmu dan amati jika ada cairan yang keluar. Periksakan ke dokter bila hal tersebut terjadi!

Gunakan Bra yang Tidak Terlalu Ketat

Penggunaan bra yang ketat memang tidak akan memicu kanker, tetapi tetap akan menimbulkan efek negatif seperti menghambat perputaran sirkulasi darah, merusak jaringan getah bening, hingga memperlambat proses pembuangan zat sisa dalam tubuh.

Dengan menggunakan bra yang tidak terlalu ketat, selain membuat pernapasan lancar, hal tersebut juga dapat meminimalisir terjadinya dampak buruk yang disebabkan oleh efek penggunaan bra yang terlalu ketat.

Hindari Pola Hidup Tidak Sehat

Hindari pola hidup yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Ini bisa kamu lakukan dengan menghindari mengonsumsi minuman beralkohol, merokok, ataupun begadang. Kamu juga bisa mulai mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, loh!

Konsumsi Buah yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan kerusakan DNA yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker akibat adanya mutasi. Untuk mencegahnya, kamu memerlukan antioksidan. Antioksidan merupakan sifat molekul yang dapat melindungi tubuh kamu dari bahaya radikal bebas. Antioksidan itu sendiri terkandung dalam Vitamin C dan E.

Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi seperti berry-berryan: stroberi, bluberi, blekberi, anggur; buah naga, dan mangga. Jika kamu kurang suka buah, kamu dapat mulai mengonsumsi sayur bayam yang juga mengandung antioksidan dan zat besi yang tinggi.

Rutin Berolahraga

Olahraga memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh dan mental. Dengan berolahraga, kamu tidak hanya dapat menyehatkan tubuh, tapi juga dapat menjaga berat badan dan membuat bentuk payudaramu indah tanpa harus menggunakan bra yang terlalu ketat (yang tentu saja ini tidak baik bagi kesehatan payudara).

Selain itu, berolahraga dapat memperkecil sel lemak penghasil estrogen, karena kadar estrogen yang berlebih pada wanita justru dapat memicu kanker payudara dan kanker pada ovarium. Yang lebih menakutkan lagi adalah kamu bisa saja berisiko terkena stroke dan mengalami pembekuan darah.

Tentu kamu tidak ingin bagian dari tubuhmu sakit, kan? Untuk itu, mulailah menyadari akan pentingnya pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan tubuh, terlebih lagi kesehatan payudara. Ingatlah, penyakit tidak akan timbul tiba-tiba, melainkan karena pola hidup yang sudah terbentuk lama.

Sudahkah kamu menyayangi dirimu sendiri dengan mulai mengubah pola hidup yang tidak sehat? Tuliskan di komentar, ya!

AkuKita Wanita juga memberikan pencerdasan di newsletter yang dikirim melalui e-mail dua minggu sekali.

Penulis: Raissa Yulianti

Editor: Azaina Farah Sabrina

Sumber:

Aulia. (2016, Novermber 7). 6 Langkah SADARI Untuk Deteksi Dini Kanker Payudara. Artikel-sehat, pp. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/artikel-sehat/enam-langkah-sadari-untuk-deteksi-dini-kanker-payudara

Makarim, Fadhli Rizal. (2019, Desember 20). Hati-hati, Benjolan di Payudara Bisa Tndai 6 Penyakit Ini. Artikel, pp. https://www.halodoc.com/artikel/hati-hati-benjolan-di-payudara-bisa-tandai-6-penyakit-ini

_________________. (2021, Maret 26). Kanker Payudara. Kesehatan, pp. https://www.halodoc.com/kesehatan/kanker-payudara

Maulana, Syarif. (2020, Oktober 21). 5 Buah Yang Bermanfaat Untuk Mencegah Kanker. Healthy life, pp. https://benefits.bankmandiri.co.id/article/5-buah-yang-bermanfaat-untuk-mencegah-kanker-

Wisnubrata. (2019, Agustus 13). Apa Itu Antioksidan dan Fungsinya Untuk Tubuh?. Lifestyle Eat Good, pp. https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/13/171700020/apa-itu-antioksidan-dan-apa-fungsinya-untuk-tubuh-?page=all

Adrian, Kevin. (2019, Januari 24). Pakai Bra Saat Tidur, Berbahayakah?. Hidup sehat, pp. https://www.alodokter.com/pakai-bra-saat-tidur-berbahayakah

___________. Ketahui Manfaat Antioksidan dan Sumbernya. Hidup sehat, pp. https://www.alodokter.com/ketahui-manfaat-antioksidan-dan-sumbernya

Rezkisari, Indira. (2015, Desember 8). Awas, Ini Dampak Buruk Bra Yang Terlalu Ketat. Koran Leasure, pp. https://republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/15/12/08/nz0miv328-awas-ini-dampak-buruk-bra-yang-terlalu-ketat

Debora. (2020, Febuari 10). Olahraga Bantu Jaga Kesehatan Payudara, Ini Buktinya!. Kesehatan, pp. https://www.orami.co.id/magazine/olahraga-bantu-jaga-kesehatan-payudara/

Florencia, Gabriella. (2020, Januari 17). Hormon Estrogen Berlebih pada Wanita, Apa Bahayanya?. Artikel, pp. https://www.halodoc.com/artikel/hormon-estrogen-berlebih-pada-wanita-apa-bahayanya.

Ruang Sharing dan Diskusi Menjadi Titik Temu Kita | Find out More → https://linktr.ee/akukitawanita

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
AkuKita Wanita

AkuKita Wanita

Ruang Sharing dan Diskusi Menjadi Titik Temu Kita | Find out More → https://linktr.ee/akukitawanita

More from Medium

#Fundraising for Edhi Foundation (Challenge our problem solving skills to accept failure)

Analysis of Covid-19 Hospitalizations in relation to Air Quality (PM2.5)

What is useState in React? Why do we use useState? It’s purpose is in detail.

5.Taking Lecture Notes