Overthinking Terhadap Karir

Tips Menghadapi Overthinking Terhadap Karir

Tips Overthinking — Image by AkuKita Wanita

erdasarkan hasil screening terkait kekhawatiran dalam hidup yang dilakukan, overthinking terhadap karir sangat mendominasi dibandingkan tugas akhir dan pandemic Covid-19, dengan prosentase 61%, (Sofia, 2020). Sulitnya mencari pekerjaan di masa pandemi menjadi faktor utama. Beberapa perusahaan bahkan harus memulangkan karyawan demi kesehatan finansial perusahaan.

Sulitnya memperoleh pekerjaan dapat menyebabkan Overthinking atau memikirkan sesuatu secara berlebihan, terutama bagi lulusan baru yang minim pengalaman dan skill. Overthinking akan dangat merugikan diri sendiri, pasalnya selama berada pada kondisi tersebut banyak hal negatif yang dilakukan. Overthinking akan masa depan akan berdampak pada jam tidur dan produktivitas diri. Biasanya overthinking ditandai dengan cemas yang berlebihan, takut untuk memulai sesuatu dan masih banyak lagi (Akbar, 2020).

Untuk menghindari stress akibat dari overthinking terhadap karir berikut adalah tips yang dapat kami berikan untuk teman-teman:

  • Meningkatkan skill

Salah satu cara untuk meningkatkan skill yaitu dengan mengikuti magang. Pilih bidang magang yang sesuai dengan keinginan karir. Misalnya ingin berkarir di bidang marketing, memilih bidang digital marketing merupakan pilihan terbaik.

  • Melakukan hobi

Salah satu hal yang dapat membuat kita focus ke dalam hal positif adalah dengan melakukan hobi seperti membaca buku, travelling, berolah raga dan masih banyak lagi. Melakukan hobi yang berhubungan dengan orang lain juga sangat membantu dalam peningkatan softskill guna mempersiapkan karir kedepan. Hobi yang berhubungan dengan orang lain dapat dilakukan dengan ikut menjadi relawan

  • Menulis jurnal pribadi

Menuliskan jurnal pribadi artinya adalah menuliskan semua hal yang kita rasakan dan kita pikirkan. Dengan melakukan hal ini beban pikiran atau overthinking akan berkurang. Selain itu menulis juga akan meningkatkan kreativitas guna mempersiapkan karir kedepan

Nah, itulah beberapa tips dari kami untuk mengatasi overthinking terhadap karir ya. Apabila ada teman-teman yang memiliki tips lain seputas overthinking karir langsung aja tulis di kolom komentar.

Selain memberikan pencerdasan melalui artikel, AkuKita Wanita juga memberikan tips and trick yang ditampilkan dalam bentuk newsletter.

Penulis : Anis, Head of Medium Strategic Implementation

Editor : Raka, Head of Medium Creative Content

Kontributor : Sarifatul, Head of Creative Promotion

REFFERENSI

Akbar, F,. 2020. Arti Overthinking: Penyebab dan Cara Mengatasinya. [Online]

Available at: https://satupersen.net/blog/mengatasi-overthinking

[Accessed 25 05 2021]

Sofia, L., dkk. 2020. Mengelola Overthinking untuk Meraih Kebermaknaan Hidup. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat. ISSN : 2714–5239 (Online). Volume 2 №2 Desember 2020.

https://hellosehat.com/mental/stres/manfaat-menulis-jurnal-mental/

https://www.sehatq.com/artikel/stres-karena-susah-dapat-kerja-coba-atasi-dengan-tips-ini

https://www.merdeka.com/jateng/sulit-mencari-kerja-di-masa-pandemi-pakar-ugm-berikan-tips-ini-pada-fresh-graduate.html?page=4

Ruang Sharing dan Diskusi Menjadi Titik Temu Kita | Find out More → https://linktr.ee/akukitawanita

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store